30 September, 2009

Sarjana!!!

Hari ini tepat dua hari setelah aku diwisuda dan mejadi seorang sarjana Teknik Industri. Seorang teman datang bertanya, apa rasanya setelah menjadi sarjana. Aku ingin langsung memberikan jawaban. Yang terjadi aku hanya dapat diam beberapa lama. Memikirkan apa yang menjadi jawabanku atas pertanyaan itu.

Tak ada jawaban yang begitu baik muncul dalam pikiranku. Buntutnya yang ada dalam pikiranku hanya mengatakan, "biasa saja". Tak ada yang luar biasa! Mengenang ini aku jadi ingat pula pernyataan suster Lumban Raja, “wah sudah plonglah ya, sudah selesai”
Saat itu aku hanya menjawab sepertinya tidak ada muncul rasa plong itu.

Ya rasa plong, mungkin biasanya diwakili dengan hembusan napas panjang wah……. akhirnya. Itu tidak muncul. Berbeda saat selesai ujian pendadaran, saat itu, saat dikatakan kalau anda berhasil mempertanggungjawabkan skripsi anda. Dan anda dinyatakan lulus dengan nilai A minus.

Semuanya seperti lepas, tak ada yang melekat, terbang. Entah karena saat itu baru saja selesai ujian dan menghadapi empat orang dosen yang rata rata lulusan S2 dan S3. Tapi, yang jelas rasanya beda, disana ada sebuah perjuangan nyata, dan menyiratkan kemenangan besar. Kini, saat wisuda, dengan acara utama mengukuhkan kemenangan menjadi seorang sarjana, rasa tak muncul. ohhh sungguh sesuatu yang tak lengkap. Yap Plong itu tak ada

Jogja, 2 Nov 2005

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Horas!!!